Langsung ke konten utama

KARYA ILMIAH SUKSES MENJADI PENGUSAHA MUDA DENGAN BERBISNIS KULINER

            SUKSES MENJADI PENGUSAHA MUDA DENGAN BERBISNIS KULINER
(Tugas ini untuk memenuhi syarat mata kuliah enterpereneurship)
Nama   : Lamnidar Muharamsah
Kelas   : KWU-8
Nim     : 10114346
FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA
2017

KATA PENGANTAR
              Puji dan syukur mari kita panjatkan kepada kehadirat Allah SWT yang telah memberikan banyak nikmat yang mana makhluk-Nya pun tidak akan menyadari begitu banyak nikmat yang telah didapatkan dari Allah SWT. Selain itu juga penulis merasa sangat bersyukur karena telah mendapatkan hidayah-Nya.
            Dengan nikmat dan hidayah dari Allah SWT kami bisa menyelesaikan sebuah penulisan karya ilmiah ini adalah tugas mata kuliah Kewirausahhan. Penulis menyampaikan terima kasih banyak kepada dosen pengampu mata kuliah Kewirausahaan, DR. IR. EDDY SOERYANTO SOEGOTO dan semua pihak yang turut membantu proses penyusunan karya ilmiah ini.






Bandung ,  Juni 2017

                                                                                   Lamnidar Muharamsah


DAFTAR ISI



DAFTAR TABEL


Tabel 1 Ciri Dan Sifat Enterpreneur 5
Tabel 2 Media Promosi 10














DAFTAR BAGAN


Bagan 1 Surfei Kuliner Indonesia 8
Bagan 2 Surfei Media Sosial Kuliner 18
Bagan 3 Promosi Teratas Menurut Google Tentnag Kuliner Indonesia 19
















ABSTRAK

Enterpreneurship adalah komponen penting dari pembangunan ekonomi di seluruh wilayah dunia (Buchori, 2001). enterprenership berkontribusi pada kesehatan ekonomi melalui penciptaan lapangan kerja dengan mendorong inovasi. enterpreneurship saat ini sudah menjadi fenomena yang berkembang dan tumbuh secara global. Fenomena yang terjadi di indonesia adalah jumlah enterpreneurship yang masih tergolong kecil, masalah ini menjadi perhatian banyak pihak terlebih jika telah diberlakukan nya masyarakat ekonomi Asean tahun 2015. Dari hasil surfei di lapangan bahwa rasa percaya diri di dalam jiwa pengusa dan semangat dalam berwirausaha sangat mempengaruhi minat untuk menjadi seorang pengusaha. Sehingga seseorang yang memiliki jiwa tinggi untuk usaha, maka orang yang memiliki tujuan dalam hidupnya adalah untuk menjadi sukses dalam berwirausaha dengan ini saya memperlihatkan bahwa usaha dalam bidang kuliner juga bisa membuat masa muda orang-orang yang tidak memiliki pekerjaan kehidupannya akan menjadi sukses dan bisa memberikan peluang pekerjaan kepada orang lain.
Kata kunci – pengusaha sukses , menjadi seorang pengusaha , pengusaha kuliner.






BAB I 

PENDAHULUAN


1.1              LATAR BELAKANG

Diantara banyak mahkluk hidup yang diciptakan Tuhan, manusia adalah merupakan makhluk yang peling sempurna. Manusia sangat membutuhkan pekerjaan untuk memperoleh penghasilan membiayai kehidupannya sehari-hari. Diantara banyak manusia ada beberapa orang yang mendapatkan kesempatan dan mampu menciptakan lapangan kerja sendiri bahkan dapat membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.
Terjadinya kegagalan biasanya pada bentuk atau model pembangunan di masa lalunya, menyadarkan bahwa akan perlunya pembangunan baru dalam pembangunan, yaitu pendekatan dalam pembangunan yang selalu memperhatikan lingkungan dan juga pembangunan yang berwajah manusia. Pendekatan tersebut agar selalu yang memainkan peran pentingnya adalah manusia di dalamnya. Proses dalam pembangunan biasanya sebagai suatu proses yang populis, konsentrasi dalam pembangunan bisanya banyak pada ekonomi kerakyatan, dengan mendepankan fasilitas-fasilitas pembangunan pada usaha rakyat yang kecil.
Dengan adanya pemberdayaan, masyarakat dapat menjalankan pembangunannya dengan diberikan hak untuk mengelola sumber daya yang ada. Masyarakat miskin diberikan kesempatan untuk merencanakan dan melaksanakan program pembangunan yang telah mereka tentukan. Dengan demikian masyarakat


diberi kekuasaan untuk mengelola maupun sendiri, baik yang berasal dari pemerintah saja.
Di dalam rangka keseimbangan pembangunan perlu lebih di tingkatkan lagi dan diperluas usaha-usaha untuk memperbaiki penghasilan kelompok masyarakat yang mempunyai mata pencaharian kacil, seperti petani, dagangan kecil, petani menggarap yang tidak memiliki lahan atau dagangan yang tidak memilki toko hanya menitipkan jualannya saja.
Para enterpreneur berperen sangat penting dalam mengurangi jumlah pengangguran karena dengan bekerja di perusahaan seseorang yang tadinya manganggur dan miskin akan dapat memperoleh pendapatan, dapat menabung sehingga masyarakat tersebut tidak miskin lagi karena telah memiliki penghasilan dari usaha (Soegoto, menjadi pembisinis lulung, 2015).

1.2              RUMUSAN MASALAH

  1. Apa yang dimaksud dengan kewirausahaan ?
  2. Bagamana cara menjadi pengusaha sukses ?
  3. Bagaimana tahap-tahap yang baik dalam usaha kuliner ?
  4. Apa saja ciri dan sikap yang harus dimiliki seorang enterpreneur?

1.3              TUJUAN

  1. Mengetahui apa itu kewirausahaan.
  2. Mengethaui cara menjadi pengusaha sukses.
  3. Mengetahui tahap-tahap yang baik dalam usaha kuliner.
  4. Mengetahui ciri dan sikap seorang enterpreneur.


BAB II

LANDASAN TEORI


2.1              KONSEP KEWIRAUSAHAAN

Sampai detik ini sebuah konsep di dalam sebuah kewirausahaan masih benbentuk berkembang. Kewirausahaan adalah salah satu kemampuan untuk menciptakan sebuah yang baru hingga bernilai dan juga berguna untuk dirinya dan juga orang lain. Seseorang yang selalu memiliki karakter wirausaha akan selalu tidak puas dengan apa yang telah didapatnya. kewirausahaan mengandung makna wira swasta atau wirausaha adalah cabang ilmu ekonomi dan mengajarkan bagaimana kita bisa mandiri dalam memulai suatu usaha dalam rangka mencapai profit serta mengembangkan seluruh potensi ekonomi yang dimiliki bahkan siap menghadapi resiko, membangun, mengembangkan, memajukan, dan menjadikan usaha atau perusahaan unggul. (Soegoto, menjadi pembisinis lulung, 2015).

2.2              SIKAP ENTERPREUNER

Sikap yang harus dimiliki seorang enterpreneur dalam membangun dan mengembangkan usaha adalah (Nurcahyani, 2012):
1.      Disiplin
Disiplin disini adalah atas ketepatan waktunya , kualitas dalam pekerjaannya ,dalam sistem kerjanya , dan kesepakatannya (Soegoto, menjadi pembisinis lulung, 2015).



2.      Komitmen tinggi
Seseorang pengusaha pasti harus memiliki komitemn tinggi , penjelesanya harus jelas, dan harus bersifat ingin maju atas kesepakatan yang telah dibuat dengan seseorang, baik terhadap dirinya maupun orang lain. Komitmen kepada konsumen maksudnya disini adalah pelayanan sangat bagus yang bertujuan pada kepuasan konsumennya, kualitas produknya yang sesuai dengan harga produk yang ditawarkan kepada konsumen dan bisa menyelesaikan masalahnya bagi masalah konsumen sehingga kepercayaan konsumen akan berimbas pada pembelian yang terus meningkat sehingga profit perusahaan meningkat (Soegoto, menjadi pembisinis lulung, 2015).
3.      Jujur
Kejujuran disini adalah Kejujuran sangat melekat pada konsep pemasaran yang bertujuan pada kepuasan pelanggan. Wirausahawan harus menjunjung tinggi kejujuran dalam melakukan kegiatan usahanya sehingga akan mendapatkan konsumen aktual dan potensial, baik jangka pendek maupun jangka panjang (Soegoto, menjadi pembisinis lulung, 2015).
4.      Kreatif dan inovatif
Untuk memenangkan persaingan, maka seseorang wirausawan harus memiliki daya kreatifitas yang tinggi. Daya kreatifitas tersebut sebaiknya dilandasi cara berfikir yang maju ke depannya, penuh dengan gagasan baru yang berbeda dengan orang lain dan juga dengan produk-produk yang telah ada selama ini di pasar. Gagasan yang kreatif umumnya tidak dapat dibatasi oleh ruang, bentuk atau pun waktu. Justru sering kali banyak yang genius yang memberikan terobosan baru dalam dunia usaha awalnya saja oleh gagasan kreatif yang kelihatannya mustahil. Namun gagasan yang baik pun, jika tidak diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, hanya akan menjadi sebuah mimpi (Soegoto, menjadi pembisinis lulung, 2015).  
5.      Mandiri
Seorang enterpreneur harus juga memiliki sikap mandiri atau didalam mengelola sebuah usahanya, yakni tidak saja bergantung pada pihak orang lain dalam mengambil sebuah keputusan , termasuk mencukupi sebuah kebutuhan usaha (Soegoto, menjadi pembisinis lulung, 2015).
6.      Realistis
Penetapan sebuah keputusan dari bisnis harus sangat realistis, objektif dan rasional dengan ini kita bisa melihat fakta/realitas dilapangan luar sana dan menyeleksi atau memilih masukan  dan saran orang lain (Soegoto, menjadi pembisinis lulung, 2015).

2.3              CIRI DAN SIFAT

Ciri dan sifat seorang enterpreneur ditunjukan pada tabel berikut (Soegoto, menjadi pembisinis lulung, 2015).
Tabel 1 Ciri Dan Sifat Enterpreneur
1.      Percaya diri
Keyakinan ,kemandirian, individualitas, optimisme.
2.      Berorientasi tugas dan hasil
Kebutuhan akan prestasi beorientasi pada laba, memiliki ketekunan dan ketabahan, memiliki tekad, yang kuat, suka bekerja keras, energik, dan memiliki inisiatif.
3.      Pengambil resiko
Memiliki kemampuan mengambil resiko dan suka tantangan.
4.      Kepemimpinan
Berjiwa pemimpinan, dapat bergaul dengan orang lain dan suka terhadap saran atau kritik yang mambangun.
5.      Kerorisinilan
Memiliki inovasi dan kreativitas tinggi, fleksibel, serbabisa dan memiliki jaringan bisnis yang luas.
6.      Berorientasi ke masa depan
memilik cara pikir yang bertujuan pada masa depan.
7.      Jujur dan tekun
Mengutamakan kejujuran dalam pekerjaan dan tekun dalam menyelesaikan pekerjaan.

2.4              BISNIS DALAM ENTERPRENEUR

Dalam dunia wiraswasta akhir-akhir ini bisnis berjalan sangat cepat , lebih enak dan lebih di tuntut tanggung jawabnya. Kehidupan barang dan jasa memiliki kehidupan yang singkat, tidak hanya bicara tahun hanya dengan hitungan bulan saja, hari mingkin saja jam. Konsumen ingin sekali memiliki barang yang bermutu, murah dan gampang di peroleh, cepat dalam pengiriman dan penjualannya juga baik. Pengusaha ingin sekali produknya disukai pasar, laku banyak terjual, biaya produksi yang rendah, bahkan bahan baku yang mudah di dapatnya, karyawan yang sangat profesional, dan peraturan pemerintah lancar.
Bisnis adalah sebuah akivitas yang sering dilakukan oleh orang atau sebuah sekelompok orang dan  perusahaan dalam bentuk sebuah jasa atau sebuah barang untuk memperoleh keuntungan (Soegoto, menjadi pembisinis lulung, 2015). Bisnis menciptakan banyak peluang dalam pekerjaan berdasarkan kreativitas dan inovasi yang ditampilkan dengan melibatkan beberapa mungkin jutaan orang yang berguna menghasilkan jasa atau produk yang dibutuhkan oleh konsumen. Bisnis juga bisa dilakukan dengan cara sendiri atau menggunakan teknologi canggih sebagai sarana produksi.
Bisnis yang selalu berhasil dan baik akan berfikiran positif bagi peningkatan dalam kualitasnya dan standar kehidupan masyarakatnya, terlibat dalam kegiatan sebuah amal tiap tahun, menghasilkan pemimpin yang baik untuk masyarakat dan menjadi contoh bagi semua pengusaha lainnya. Laba adalah sebuah selilis dari penghasilan dan pegeluaran dari biaya-biaya operasional di dalam proses sebuah bisnis. Laba merupakan hasil yang diperoleh pengusaha hasil dari investasi dana waktu dan resiko yang mungkin ada dalam pembangunan, pengembangan dan memajukan sebuah perusahaannya. Pendapatan hasil laba biasanya dimungkinkan perusahaan meningkatakan gaya hidup di dalam karyawannya, membangun sebuah bisnis baru, membayar pajak tiap tahunnya sehingga membantu pemerintah membangun negara ini.  

2.5              MENJADI PENGUSAHA SUKSES

Cara pengusaha menjadi soerang enterpreneur sukses ada cara atau sebuah ilmu untuk kalian ketahui contohnya seperti berikut (Novianto, 2015).
·         Menentukan sebuah produk yang tepat.
·         Mencari tahu siapa target pasarnya.
·         Memilih sebuah media promosi yang efektif.
·         Menggunakan sebuah strategi promosi yang kreatif.
·         Membuat sebuah pembukuan untuk menghitung hasil.

2.5.1        Menentukan Produk
Langkah awal untuk menjadi pengusaha atau pembisnis sukses adalah menentukan produk atau jamak disebut dengan riset produk (Arifin, 2016). Produk disini tidak selamanya harus bentuk barang fisik, namun juga bisa berupa barang digital, bahkan bisa bentuk kuliner atau jasa. Untuk menentukan produk yang tepat, tentu kita harus riset terlebih dahulu, mulai dari riset konsumen sampai riset persaingan. Produk yang baik adalah produk yang memiliki jumlah peminat yang banyak namun memiliki persaingan kecil. Salah satu cara paling mudah untuk melakukan kedua riset itu kita bisa menggunakan tool addword dari google.

Bagan 1 Surfei Kuliner Indonesia


Data tersebut bisa kita manfaatkan untuk menganalisa apaka produk tersebut memiliki prospek bagus atau tidak. Jika tern dan jumlah pencarian meningkat makan dipastikan produk tersebut bagus. Alternatif lainnya untuk mencari bisnis bisa mencari dari informasi produk melalui amazon best saller atau google trends.
2.5.2        Mencari Tahu Target Pasar
Pengusaha sukses adalah orang yang tidak hanya pandai dalam memilih produk tetapi juga pandai analisis siapa saja yang menjadi target pasar nanti. Jadi disini kita sebagai pengusaha diwajibkan untuk selalu mengetahui orang-orang siapa saja target pasar atas produk yang akan di jual, karena jika dalam mengaplikasikan salah akan sulit untuk mendapatkan keuntungan.
Target pasar yaitu dibedakan menjadi 4 :
·         Target produk
·         Target lokasi
·         Target demografi
·         Target psikografi
Untuk menjadi mudah dalam memahami dari keempat di atas saya akan memberikan contoh :
·         Target produk                         : remaja yang pencinta makanan
·         Target lokasi                : kota besar di indonesia contoh bandung.
·         Target demografi        : remaja yang banyak uang hanya untuk jajan kuliner.
·         Target psikografi         : remaja yang aktif di media sosial.
Dengan menentukan dan mengetahui sebuah target, maka akan lebih mudah dan lebih baik dalam menentukan media dan cara promosi produk lebih mudah seperti apa yang kita ingin gunakan.
2.5.3        Memilih Media Promosi Yang Efektif
Ada banya media yang bisa kita gunakan untuk promosi seperti media cetak, internet, rado atau tv. Namun perlu kita ketahui bahwa tidak semua media tersebut efecktif untuk meningkatkan penjualan. Karena pasti kembali lagi kepada target kita nanti, jika namun target produk kita adalah anak muda, maka gunakan internet sebagai media promosi saat ini, sebaliknya jika namun target  produk kita adalah orang tua tidak terlalu paham tentang internet maka gunakan sebuah media promosi media tv atau radio.
Tabel 2 Media promosi
MEDIA PROMOSI
Movie
Radio
Televisi
Internet
Print
Press
Outdor
Mobile


2.5.4        Menggunakan Strategi Promosi Kreatif
Pasti sangat susah bisa menjadi pengusaha yang sukses jika kalian tidak mengerti bagaimana cara menjalankan sebuah strategi berbisnis yang baik dan benar. berikut ini adalah sebuah gambaran tentang sebuah strategi promosi kreatif untuk mendapatkan banyak pelanggannya :
·         Dapatkan kepercayaan pelanggan
·         Berikut harga awal murah
·         Diskon untuk pembelian lebih dari satu.
·         Sarankan produk lain.
·         Jangan lupakan layanan setelah promosi.
Intinya di awal penjualan kita harus membina hubungan yang baik dengan pelanggan untuk mendapatkan loyalitas dari pelanggan.
2.5.5        Membuat Pembukuan Untuk Menghitung Margin
mungkin lebih baik jika pengusaha memiliki dalam pembukuan yang sangat jelas , karena dalam pembukuan tersebut nantinya akan bisa mengetahui menghitung keuntungan dan berapa kerugian yang di peroleh, sehingga kita bisa mengetahui berapa keuntungan yang kita dapat dan berapa rugi yang di diperoleh. Intinya dalam pembukuan itu sangat penting dan membantu pengusaha untuk menjadi pengusaha sukses. Pembukuan juga akan sangat membantu pengusaha dalam merencanakan bisnis usaha ke depannya.

2.6              METODE RISET BISNIS

Metode riset adalah metode yang berbentuk sistematis dan yang berguna untuk meneliti sebuah berbagai aspek yang terkait dengan hubungan bisnis. Metode ini biasanya sering digunakan untuk ide penyelesaiannya mungkin hampir sama dengan metode riset ilmiah lainnya. Dalam metode tersebut, penjelasan dan langkah penyelesaian masalahnya harus logis dan sistematis. Dalam artinya logis disini artinya kesimpulan yang ada harus didasarkan dari fakta yang ada di lapangan surfei, bukan hanya ucapan semata. Sistematis disini artinya cara dalam kerja penelitiannya harus terstruktur sesuai dengan metode riset ilmiah (Soegoto, Metode Riset Bisnis, 2000).

2.7              TINJAUAN UMUM KULINER

Kuliner merupakan sebuah hobi campuran yang biasa disebut dengan wisata kuliner yang tujuannya untuk makan dan berjalan-jalan (albert, 2014). Namun biasanya kata kuliner memacu kepada makanannya dibandingkan dengan jalan-jalannya. Kata kuliner berasal dari bahasa inggris, yaitu culinary yang berarti “urusan masak memasak” (gustaaf kusno, 2009). Kata kuliner tersebut menjadi luas di indonesia karena adanya media masa dan televisi. Berdasarkan pengetian tersebut. Bagi anda yang memiliki hobi jalan-jalan dan makan sangat cocok untuk melkukan kegiatan kuliner ini. Karena mencari hal yang bari sama seperti belajar, dan kuliner juga memiliki arti sebagai mencari hal yang baru dalam bidan makanan.
2.7.1        Definisi Kuliner
Kuliner adalah mungkin sudah bagian dalam hidup kita karena kaitannya dengan makanan dalam kehidupan sehari-hari karena setiap manusia pasti sangat memerlukan makanan yang dibutuhkan dalam sehari-hari (Listiani, 2015). Mulai dari makanan yang sederhana sekali hingga makanan yang mewah. Semua itu pasti membutuhkan pengolahan yang sangat berkualitas dan juga bergizi di dalam makannya tersebut. Sebenarnya kuliner merupakan bagian daripada esensi gastronomi. dan istilah dari kata kuliner itu sendiri adalah sebuah masakan atau disebut bahasa dapurnya mempunyai sebuah sinonim artinya sama dengan cuisine.


BAB III

PEMBAHASAN DAN HASIL


3.1              SEJARAH KULINER

Masakan indonesia adalah sebuah cerminan dari beragam budaya dan juga tradisi yang berasal pulau –pulau indonesia dan memegang tempat penting di dalam budaya nasional indonesia secara umum mungkin hampir seluruh masakan yang berasal dari indonesia kaya dengan bumbu dari rempah-rempahnya dan juga penggunaan teknik memasaknya menurut bahan dan tradisi adat setempat (OPTIMA, 2015).
Di masa yang akan datang, persaingan suatu negara diharapkan akan dipengaruhi oleh kekuatan dari ekonomi kreatifnya. Untuk menjadi kompetitif dalam tempat pekerjaan manusia, mahasiswa-mahasiswa sekarang tidak hanya mencari pendidikan akademik, tetapi juga mencari pengetahuan dan keterampilan siap untuk kerja yang dicari oleh banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia dan perusahaan international (Dedi Sulistiyo S, 2014).

3.2              PERKEMBANGAN MAKANAN DI INDONESIA

Perkembangan di dalam bidang makanan dimulai pada sejak zaman dahulu sampai terjadinya revolusi sebuah makanan berdasarkan sejarah eropa sampai abad ke 20, pada saat ini pada zaman prasejarah atau dahulu kala manusia memakan makanan yang hanya untuk memenuhi rasa lapar secara biasa saja. Oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhannya manusia purba pada zaman dahulu memperoleh makanan dengan cara berburu mengumpulkan makanan memakan


daun-daunan umbi-umbian dan mencoba berbagai macam bahan makanan yang dapat dikonsumsi tapi tidak ada racunnya. Pada zaman paleolitik alat yang terbuat padaa saat itu adalah batu yang masih kasar sekali dan juga masih blum ada alat untuk menghaluskannya, alat pada saat itu terbuat dari kayu, tulang dan tanduk. Menggunakan alat tersebut dengan di pukul dan alatnya disebut retource. Alat pada zaman ini berbeda dengan alat pada zaman mesolithik dan zaman neolithik karena pada zaman ini alatnya sudah mulai diasah. Manusia hidup dalam sebuah kelompok dan membekali dirinya untuk menghadapi lingkungan sekitarnya. Kelompok berburu saat itu tersusun dari keluarga kecil pada saat itu seorang laki-laki melakukan sebuah perburuan dan yang perempuan hanya mengumpulkan makanan. Semua bahan makanan yang diperoleh dari pemburuan hanya dikonsumsi secara mentah tidak matang terjadi seperti karena belum ditemukannya yang bernama api. Makanan tradisional indonesia saat ini banyak sekali dikembangkan mulai dari teknik penyajian makanan yang akan dibuat menarik sehingga konsumen ingin menyobanya dan membeli makanan tersebut. Agar makanan indonesia bisa bersaing dengan makanan eropa dan negara lainnya yang sangat banyak digemari oleh para peminat kuliner. Makanan indonesia pada  itu menggunakan teknik-teknik yang sering di sebut fusion yaitu menyajikan sebuah makanan dengan menata sebuah makanan yang sangat menarik dan menyampurkan unsur seni di sebuah makannyanya agar makan yang di buat untuk konsumen menjadi terlihat menarik dan enak di makan.


3.3              KULINER INDONESIA

Kuliner diindonesia itu sangat beragam sekali dalam usaha di indonesia makanan yang sering digunakan oleh pengusaha kuliner adalah sebagai berikut.
A.    GADO-GADO
Makanan kuliner ini adalah makanan campuran antara potongan kentang, selada, wortel, bayam, toge dan jagung. Saat saat orang asing berkunjung ke indonesia  biasanya mereka menyebut dengan gado-gado ini sebagai selada jawa atau javanese salad. Salad jawa yang satu ini untuk tingkat kepedasan nya bisa kalian sesuaikan dengan selera yang anda inginkan. Untuk menambah variasi biasanya makanan ini ditambahkan tahu ,tempe dan kalontong. Ada berbagai macam lainnya untuk makanan gado-gado ini. Ada yang diber bumbu mayonese dan juga bumbu campuran kacang ditambah lagi dengan sebuah kerupuk sebagai toping tambahannya. Yang membuat lezat makanan ini adalah sensasi kriuk dari krupuknya yang bercampur dengan bumbu gado-gado ini.
B.     GUDEG
Makanan gudeg adalah makanan yang berasal dari jogja. Makanan ini berbahan dasar nangka muda yang kemudia dimasak  dengan manisnya gula merah dan santan rasa dari makanan ini adalah legit dan manis. Makanan ini recomendasi untuk pengusaha kuliner yang berbabu manis dan legit.
C.    FRANCHISE BASO
Makanan bakso ini adalah makanan yang sering dijumpai diindonesia karena bakso ini sudah banyak sekali digunakan oleh para pengusaha kuliner indonesia karena rasa dan tekstur yang sangat lezat bagi pencinta kuliner.
D.    ANEKA KUE BASAH
Kue basah meupakan salah satu jenis makanan ringan atau kecil yang sering dijadikan cemilan oleh masyarakat indonesia. Dalam sebuah acara biasanya sering ditemukan makanan seperti aneka kue basah ini. Karena kue basah ini adalah hidangan yang tidak pernah ketinggalan saat ada sebuah acara, oleh keran itu usaha ini juga sangat bagus untuk para pemuda yang ingin memulai usaha kuliner.
E.     CUP CAKE
Cupe cake adalah kue mangkok yang isinya berasa menis dan tektur sangat lembut. Usaha cup cake ini juga sangat bagus karena cupe cake itu sedang populer di indonesia ini. Karena cup cake ini pasti ada di setiap acara ulang tahun , syukuran, dan bahkan wisudaan.
F.     PANCAKE DURIAN
Sudah tidak asing lagi dengan kata puncake durian makanan ini sangat lezat dari dulu hingga sekarang dan konsumennya tak pernah mati karena kelezatan dari rasa buah duriannya ini dan tak heran bauh durian ini sangat banya sekali diminati oleh para pengusaha kuliner indonesia.

3.4              HASIL DARI SURFEI

Hasil dari surfei dalam semua media bahwa kuliner adalah bisnis yang sangat banyak diminati oleh semua kalangan pembisnis kerena usaha dalam kuliner tidak akan pernah mati artinya kuliner selalu menjadi kebutuhan semua orang. Oleh karena itu bisnis kuliner ini sangat menguntungkan bagi para pengusaha yang ingin membangun sebuah usaha di masa muda. Dan tak luput juga bahwa kuliner ini pasti akan ada selalu menu trend setiap tahunnya bahkan tiap bulannya sehingga kalangan anak muda akan selalu mencari makanan kuliner yang selalu trending di kalangan kuliner indonesia. Hasil surfei dalam media yang digunakan oleh para pembisnis kuliner kebanyakannya adalah menggunakan internet atau kita sebut dengan media sosial. Disini kita bisa promosikan kuliner yang sedang trending di indonesia dengan cara mengupload sebuah foto di media sosial tersebut sehingga para pengguna media sosial bisa mengetahui apa saja kuliner yang sedang trending saat ini.
Ini adalah contoh surfei trending kuliner dengan media sosial.

Bagan 2 Surfei Media Sosial Kuliner

Dalam bagan 2 diatas bahwa media sosial untuk mencari kata kuliner sangat tinggi hingga 75%. Sehingga promosi menggunakan media sosial saat ini sangat menguntungkan bisnis ini.

Bagan 3 Promosi Teratas Menurut Google Tentnag Kuliner Indonesia
 
 

Ini adalah bentuk surfei pencarian kata kuliner di google sehingga kita bisa memastikan bahwa usaha kuliner sangat menjanjikan oleh para pengusaha muda untuk memulai sebuah kuliner di indonesia.





BAB IV

PENUTUP

4.1       KESIMPULAN

Jika ingin sukses di masa muda kalian harus berfikir maju dan ada kemauan dalam bekerja untuk sukes. Dan indonesia ini surganya kuliner bahkan pengusaha banyak sekali di bidang kuliner karena kuliner ini bisa merubah karir hidup seseorang. Dan terbukti bahwa kuliner bisa juga memperkerjakan orang lain sehingga presentasi pengangguran indonesia semakin mengurang. Lapangan pekerjaan sudah ada di mana-mana kata lain bentuk dengan wirausaha tapi hanya kita yang bisa menentukan dan menjalankannya karena masa mudah harus sukses dengan bekerja usaha bahwa dunia kuliner di indonesia sangat menjanjikan dan bisa meraup kesuksesan di masa muda kalian.

4.2       SARAN

Berwirausahalah sejak muda kerana usaha adalah pekerjaan sampingan yang sangat efektif mengurangi pengguran indonesia. Dan gunakanlan keuntungan ini dengan sebaik mungkin bahwa dalam bisnis kuliner tidak akan mati karena makanan adalah suatu kebutuhan setiap manusia.

 




DAFTAR PUSTAKA

 

albert, f. (2014, mei 9). mengenal pengertian kuliner. Dipetik juni 15, 2017, dari anneahira: http://www.anneahira.com
Arifin, Z. (2016, juni 2). cara menjadi pengusaha sukses. Dipetik juni 15, 2017, dari grahalogam: http://www.grahalogam.co.id
Buchori, A. (2001). kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
Dedi Sulistiyo S, D. A. (2014). Kewirausahaan Industri Kreatif. jakarta: Kartib B.
gustaaf kusno. (2009, desember 4). kuliner. Dipetik juni 3, 2017, dari Kuliner wisatawan: http://www.kompasiana.com
Listiani, A. (2015, mei 7). Kuliner tradisional. Dipetik juni 15, 2017, dari prezi: https://prezi.com
Novianto, D. (2015, februari 1). cara menjadi pengusaha sukses. Dipetik juni 15, 2017, dari soetarpadu: http://www.seoterpadu.com
Nurcahyani, R. (2012, maret 3). ciri-ciri kewirausahaan. Dipetik juni 4, 2017, dari riza nur cahyaningtyas: http://rizanurcahyaningtyas.blogspot.co.id
OPTIMA, A. K. (2015, desember 6). makanan indonesia adalah simbol keanekaragaman budaya. Dipetik juni 4, 2017, dari pembangunan menerangi dan mencerdaskan: https://cvaristonkupang.com
Soegoto, D. I. (2000). Metode Riset Bisnis. jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Soegoto, D. I. (2015). menjadi pembisinis lulung. jakarta: PT Elex Media Komputindo.




Komentar

  1. "Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 9 games
    ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino"

    BalasHapus
  2. Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

    Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

    Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Alasan Kenapa Harus Jadi Seorang Engineer

Berabad-abad sejak kata  engineering  diciptakan, jurusan teknik atau  engineering  adalah salah satu jurusan yang paling diminati oleh para pelajar. Minat mengambil jurusan teknik ketika kuliah adalah sesuatu yang sebaiknya tidak dianggap enteng. Menghabiskan empat sampai lima tahun belajar perhitungan rumit, digabung dengan aplikasi teori serta praktek masih belum cukup mempersiapkanmu untuk menghadapi  dunia kerja  engineering  setelah lulus. Berkarir di bidang teknik membutuhkan kemauan untuk terus berkembang lewat pengalaman dan praktek nyata di lapangan.   Memilih  berkarir di bidang engineering  membutuhkan pemahaman jelas akan apa yang menunggumu di depan. Kamu harus berkomitmen untuk memberikan waktu, usaha, dan dedikasi dalam karirmu. Jalan yang kamu lalui mungkin berliku di awal, namun yakinlah segala kerja kerasmu akan terbayar nantinya. Jangan takut dan ragu,  simak 4 alasan kenapa harus jadi seorang engineering berikut ini , untuk memantapkan hatimu berkarir di bi

9 software termahal yang bisa buat kalian kaya

9. Macromedia ColdFusion MX   : Harga sekitar $5,000 USD [Sekitar Rp. 48.000.000] [lihat.co.id] -  Macromedia MX ColdFuison dibangun kembali dari dasar dan didasarkan pada platform Java EE. Ini adalah salah satu perangkat lunak paling mahal di dunia yang harganya ditandai sekitar $5000. Software ini dirancang untuk mengintegrasikan secara baik dengan menggunakan Macromedia Flash Remoting Flash. 8. AutoCAD  : Harga Sekitar $8,500 USD [Sekitar Rp. 81.600.000] [lihat.co.id] -  AutoCAD adalah sebuah perangkat lunak aplikasi CAD untuk desain 2D dan 3D. AutoCAD adalah salah satu perangkat lunak paling mahal di dunia yang dikembangkan dan dijual oleh Autodesk, Inc. Software ini salah satu program CAD pertama yang harganya ditandai sekitar $8,500 kini software tersebut memiliki 2 platform yaitu dapat berjalan di OS Windows dan Mac. 7. Adobe Font Folio 11  : Harga sekitar $8,789 USD [Sekitar Rp. 84.374.400] [lihat.co.id] -  Adobe Font Folio dirilis pada bulan Sept