SUKSES
MENJADI PENGUSAHA MUDA DENGAN BERBISNIS KULINER
(Tugas ini untuk memenuhi syarat
mata kuliah enterpereneurship)
Nama :
Lamnidar Muharamsah
Kelas :
KWU-8
Nim :
10114346
FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA
KATA
PENGANTAR
Puji dan syukur mari kita panjatkan kepada
kehadirat Allah SWT yang telah memberikan banyak nikmat yang mana makhluk-Nya
pun tidak akan menyadari begitu banyak nikmat yang telah didapatkan dari Allah
SWT. Selain itu juga penulis merasa sangat bersyukur karena telah mendapatkan
hidayah-Nya.
Dengan
nikmat dan hidayah dari Allah SWT kami bisa menyelesaikan sebuah penulisan
karya ilmiah ini adalah tugas mata kuliah Kewirausahhan. Penulis menyampaikan
terima kasih banyak kepada dosen pengampu mata kuliah Kewirausahaan, DR. IR.
EDDY SOERYANTO SOEGOTO dan semua pihak yang turut membantu proses penyusunan
karya ilmiah ini.
Bandung , Juni
2017
Lamnidar Muharamsah
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
Tabel 1 Ciri Dan Sifat
Enterpreneur
5
Tabel 2 Media Promosi
10
DAFTAR BAGAN
Bagan 1 Surfei Kuliner Indonesia
8
Bagan 2 Surfei Media Sosial
Kuliner
18
Bagan 3 Promosi Teratas Menurut
Google Tentnag Kuliner Indonesia
19
ABSTRAK
Enterpreneurship
adalah komponen penting dari pembangunan ekonomi di seluruh wilayah dunia (Buchori, 2001) . enterprenership
berkontribusi pada kesehatan ekonomi melalui penciptaan lapangan kerja dengan
mendorong inovasi. enterpreneurship saat ini sudah menjadi fenomena yang
berkembang dan tumbuh secara global. Fenomena yang terjadi di indonesia adalah
jumlah enterpreneurship yang masih tergolong kecil, masalah ini menjadi
perhatian banyak pihak terlebih jika telah diberlakukan nya masyarakat ekonomi
Asean tahun 2015. Dari hasil surfei di lapangan bahwa rasa percaya diri di
dalam jiwa pengusa dan semangat dalam berwirausaha sangat mempengaruhi minat
untuk menjadi seorang pengusaha. Sehingga seseorang yang memiliki jiwa tinggi
untuk usaha, maka orang yang memiliki tujuan dalam hidupnya adalah untuk
menjadi sukses dalam berwirausaha dengan ini saya memperlihatkan bahwa usaha
dalam bidang kuliner juga bisa membuat masa muda orang-orang yang tidak
memiliki pekerjaan kehidupannya akan menjadi sukses dan bisa memberikan peluang
pekerjaan kepada orang lain.
Kata kunci – pengusaha
sukses , menjadi seorang pengusaha , pengusaha kuliner.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
LATAR BELAKANG
Diantara
banyak mahkluk hidup yang diciptakan Tuhan, manusia adalah merupakan makhluk
yang peling sempurna. Manusia sangat membutuhkan pekerjaan untuk memperoleh
penghasilan membiayai kehidupannya sehari-hari. Diantara banyak manusia ada
beberapa orang yang mendapatkan kesempatan dan mampu menciptakan lapangan kerja
sendiri bahkan dapat membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.
Terjadinya
kegagalan biasanya pada bentuk atau model pembangunan di masa lalunya,
menyadarkan bahwa akan perlunya pembangunan baru dalam pembangunan, yaitu
pendekatan dalam pembangunan yang selalu memperhatikan lingkungan dan juga pembangunan
yang berwajah manusia. Pendekatan tersebut agar selalu yang memainkan peran
pentingnya adalah manusia di dalamnya. Proses dalam pembangunan biasanya
sebagai suatu proses yang populis, konsentrasi dalam pembangunan bisanya banyak
pada ekonomi kerakyatan, dengan mendepankan fasilitas-fasilitas pembangunan
pada usaha rakyat yang kecil.
Dengan adanya pemberdayaan, masyarakat dapat
menjalankan pembangunannya dengan diberikan hak untuk mengelola sumber daya
yang ada. Masyarakat miskin diberikan kesempatan untuk merencanakan dan
melaksanakan program pembangunan yang telah mereka tentukan. Dengan demikian
masyarakat
diberi kekuasaan untuk mengelola maupun sendiri, baik
yang berasal dari pemerintah saja.
Di dalam rangka keseimbangan pembangunan perlu lebih
di tingkatkan lagi dan diperluas usaha-usaha untuk memperbaiki penghasilan
kelompok masyarakat yang mempunyai mata pencaharian kacil, seperti petani, dagangan
kecil, petani menggarap yang tidak memiliki lahan atau dagangan yang tidak
memilki toko hanya menitipkan jualannya saja.
Para enterpreneur berperen sangat penting dalam
mengurangi jumlah pengangguran karena dengan bekerja di perusahaan seseorang
yang tadinya manganggur dan miskin akan dapat memperoleh pendapatan, dapat
menabung sehingga masyarakat tersebut tidak miskin lagi karena telah memiliki
penghasilan dari usaha (Soegoto, menjadi pembisinis
lulung, 2015) .
1.2
RUMUSAN MASALAH
- Apa yang dimaksud dengan kewirausahaan ?
- Bagamana cara menjadi pengusaha sukses ?
- Bagaimana tahap-tahap yang baik dalam usaha kuliner ?
- Apa saja ciri dan sikap yang harus dimiliki seorang enterpreneur?
1.3
TUJUAN
- Mengetahui apa itu kewirausahaan.
- Mengethaui cara menjadi pengusaha sukses.
- Mengetahui tahap-tahap yang baik dalam usaha kuliner.
- Mengetahui ciri dan sikap seorang enterpreneur.
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1
KONSEP KEWIRAUSAHAAN
Sampai detik ini sebuah
konsep di dalam sebuah kewirausahaan masih benbentuk berkembang. Kewirausahaan
adalah salah satu kemampuan untuk menciptakan sebuah yang baru hingga bernilai
dan juga berguna untuk dirinya dan juga orang lain. Seseorang yang selalu
memiliki karakter wirausaha akan selalu tidak puas dengan apa yang telah
didapatnya. kewirausahaan mengandung makna wira swasta atau wirausaha adalah
cabang ilmu ekonomi dan mengajarkan bagaimana kita bisa mandiri dalam memulai
suatu usaha dalam rangka mencapai profit serta mengembangkan seluruh potensi
ekonomi yang dimiliki bahkan siap menghadapi resiko, membangun, mengembangkan,
memajukan, dan menjadikan usaha atau perusahaan unggul. (Soegoto, menjadi pembisinis lulung, 2015).
2.2
SIKAP ENTERPREUNER
Sikap yang harus
dimiliki seorang enterpreneur dalam membangun dan mengembangkan usaha adalah (Nurcahyani, 2012) :
1.
Disiplin
Disiplin
disini adalah atas ketepatan waktunya , kualitas dalam pekerjaannya ,dalam sistem
kerjanya , dan kesepakatannya (Soegoto, menjadi pembisinis
lulung, 2015) .
2.
Komitmen
tinggi
Seseorang
pengusaha pasti harus memiliki komitemn tinggi , penjelesanya harus jelas, dan harus
bersifat ingin maju atas kesepakatan yang telah dibuat dengan seseorang, baik
terhadap dirinya maupun orang lain. Komitmen kepada konsumen maksudnya disini adalah
pelayanan sangat bagus yang bertujuan pada kepuasan konsumennya, kualitas
produknya yang sesuai dengan harga produk yang ditawarkan kepada konsumen dan
bisa menyelesaikan masalahnya bagi masalah konsumen sehingga kepercayaan
konsumen akan berimbas pada pembelian yang terus meningkat sehingga profit
perusahaan meningkat (Soegoto, menjadi pembisinis
lulung, 2015) .
3.
Jujur
Kejujuran
disini adalah Kejujuran sangat melekat pada konsep pemasaran yang bertujuan
pada kepuasan pelanggan. Wirausahawan harus menjunjung tinggi kejujuran dalam
melakukan kegiatan usahanya sehingga akan mendapatkan konsumen aktual dan
potensial, baik jangka pendek maupun jangka panjang (Soegoto,
menjadi pembisinis lulung, 2015) .
4.
Kreatif
dan inovatif
Untuk
memenangkan persaingan, maka seseorang wirausawan harus memiliki daya
kreatifitas yang tinggi. Daya kreatifitas tersebut sebaiknya dilandasi cara
berfikir yang maju ke depannya, penuh dengan gagasan baru yang berbeda dengan
orang lain dan juga dengan produk-produk yang telah ada selama ini di pasar.
Gagasan yang kreatif umumnya tidak dapat dibatasi oleh ruang, bentuk atau pun
waktu. Justru sering kali banyak yang genius yang memberikan terobosan baru
dalam dunia usaha awalnya saja oleh gagasan kreatif yang kelihatannya mustahil.
Namun gagasan yang baik pun, jika tidak diimplementasikan dalam kehidupan
sehari-hari, hanya akan menjadi sebuah mimpi (Soegoto, menjadi pembisinis lulung, 2015) .
5.
Mandiri
Seorang
enterpreneur harus juga memiliki sikap mandiri atau didalam mengelola sebuah usahanya,
yakni tidak saja bergantung pada pihak orang lain dalam mengambil sebuah
keputusan , termasuk mencukupi sebuah kebutuhan usaha (Soegoto,
menjadi pembisinis lulung, 2015) .
6.
Realistis
Penetapan
sebuah keputusan dari bisnis harus sangat realistis, objektif dan rasional dengan
ini kita bisa melihat fakta/realitas dilapangan luar sana dan menyeleksi atau
memilih masukan dan saran orang lain (Soegoto,
menjadi pembisinis lulung, 2015) .
2.3
CIRI DAN SIFAT
Ciri
dan sifat seorang enterpreneur ditunjukan pada tabel berikut (Soegoto,
menjadi pembisinis lulung, 2015) .
Tabel
1 Ciri Dan Sifat Enterpreneur
1.
Percaya diri
|
Keyakinan ,kemandirian, individualitas,
optimisme.
|
2.
Berorientasi tugas dan hasil
|
Kebutuhan akan prestasi beorientasi
pada laba, memiliki ketekunan dan ketabahan, memiliki tekad, yang kuat, suka
bekerja keras, energik, dan memiliki inisiatif.
|
3.
Pengambil resiko
|
Memiliki kemampuan mengambil resiko
dan suka tantangan.
|
4.
Kepemimpinan
|
Berjiwa pemimpinan, dapat bergaul
dengan orang lain dan suka terhadap saran atau kritik yang mambangun.
|
5.
Kerorisinilan
|
Memiliki inovasi dan kreativitas
tinggi, fleksibel, serbabisa dan memiliki jaringan bisnis yang luas.
|
6.
Berorientasi ke masa depan
|
memilik cara pikir yang bertujuan pada
masa depan.
|
7.
Jujur dan tekun
|
Mengutamakan kejujuran dalam pekerjaan
dan tekun dalam menyelesaikan pekerjaan.
|
2.4
BISNIS DALAM
ENTERPRENEUR
Dalam
dunia wiraswasta akhir-akhir ini bisnis berjalan sangat cepat , lebih enak dan
lebih di tuntut tanggung jawabnya. Kehidupan barang dan jasa memiliki kehidupan
yang singkat, tidak hanya bicara tahun hanya dengan hitungan bulan saja, hari
mingkin saja jam. Konsumen ingin sekali memiliki barang yang bermutu, murah dan
gampang di peroleh, cepat dalam pengiriman dan penjualannya juga baik.
Pengusaha ingin sekali produknya disukai pasar, laku banyak terjual, biaya
produksi yang rendah, bahkan bahan baku yang mudah di dapatnya, karyawan yang
sangat profesional, dan peraturan pemerintah lancar.
Bisnis
adalah sebuah akivitas yang sering dilakukan oleh orang atau sebuah sekelompok orang
dan perusahaan dalam bentuk sebuah jasa
atau sebuah barang untuk memperoleh keuntungan (Soegoto,
menjadi pembisinis lulung, 2015) . Bisnis menciptakan
banyak peluang dalam pekerjaan berdasarkan kreativitas dan inovasi yang ditampilkan
dengan melibatkan beberapa mungkin jutaan orang yang berguna menghasilkan jasa
atau produk yang dibutuhkan oleh konsumen. Bisnis juga bisa dilakukan dengan
cara sendiri atau menggunakan teknologi canggih sebagai sarana produksi.
Bisnis
yang selalu berhasil dan baik akan berfikiran positif bagi peningkatan dalam kualitasnya
dan standar kehidupan masyarakatnya, terlibat dalam kegiatan sebuah amal tiap
tahun, menghasilkan pemimpin yang baik untuk masyarakat dan menjadi contoh bagi
semua pengusaha lainnya. Laba adalah sebuah selilis dari penghasilan dan
pegeluaran dari biaya-biaya operasional di dalam proses sebuah bisnis. Laba
merupakan hasil yang diperoleh pengusaha hasil dari investasi dana waktu dan
resiko yang mungkin ada dalam pembangunan, pengembangan dan memajukan sebuah
perusahaannya. Pendapatan hasil laba biasanya dimungkinkan perusahaan
meningkatakan gaya hidup di dalam karyawannya, membangun sebuah bisnis baru,
membayar pajak tiap tahunnya sehingga membantu pemerintah membangun negara ini.
2.5
MENJADI PENGUSAHA
SUKSES
Cara
pengusaha menjadi soerang enterpreneur sukses ada cara atau sebuah ilmu untuk
kalian ketahui contohnya seperti berikut (Novianto, 2015) .
·
Menentukan sebuah produk yang tepat.
·
Mencari tahu siapa target pasarnya.
·
Memilih sebuah media promosi yang
efektif.
·
Menggunakan sebuah strategi promosi yang
kreatif.
·
Membuat sebuah pembukuan untuk
menghitung hasil.
2.5.1
Menentukan
Produk
Langkah awal untuk
menjadi pengusaha atau pembisnis sukses adalah menentukan produk atau jamak
disebut dengan riset produk (Arifin, 2016) . Produk disini tidak selamanya harus
bentuk barang fisik, namun juga bisa berupa barang digital, bahkan bisa bentuk
kuliner atau jasa. Untuk menentukan produk yang tepat, tentu kita harus riset
terlebih dahulu, mulai dari riset konsumen sampai riset persaingan. Produk yang
baik adalah produk yang memiliki jumlah peminat yang banyak namun memiliki
persaingan kecil. Salah satu cara paling mudah untuk melakukan kedua riset itu
kita bisa menggunakan tool addword dari google.
Bagan 1 Surfei Kuliner Indonesia
Data
tersebut bisa kita manfaatkan untuk menganalisa apaka produk tersebut memiliki
prospek bagus atau tidak. Jika tern dan jumlah pencarian meningkat makan
dipastikan produk tersebut bagus. Alternatif lainnya untuk mencari bisnis bisa
mencari dari informasi produk melalui amazon best saller atau google trends.
2.5.2
Mencari
Tahu Target Pasar
Pengusaha sukses adalah
orang yang tidak hanya pandai dalam memilih produk tetapi juga pandai analisis
siapa saja yang menjadi target pasar nanti. Jadi disini kita sebagai pengusaha
diwajibkan untuk selalu mengetahui orang-orang siapa saja target pasar atas
produk yang akan di jual, karena jika dalam mengaplikasikan salah akan sulit
untuk mendapatkan keuntungan.
Target pasar yaitu
dibedakan menjadi 4 :
·
Target produk
·
Target lokasi
·
Target demografi
·
Target psikografi
Untuk
menjadi mudah dalam memahami dari keempat di atas saya akan memberikan contoh :
·
Target produk : remaja yang pencinta makanan
·
Target lokasi : kota besar di indonesia contoh bandung.
·
Target demografi :
remaja yang banyak uang hanya untuk jajan kuliner.
·
Target psikografi : remaja yang aktif di media sosial.
Dengan
menentukan dan mengetahui sebuah target, maka akan lebih mudah dan lebih baik
dalam menentukan media dan cara promosi produk lebih mudah seperti apa yang
kita ingin gunakan.
2.5.3
Memilih
Media Promosi Yang Efektif
Ada banya media yang
bisa kita gunakan untuk promosi seperti media cetak, internet, rado atau tv.
Namun perlu kita ketahui bahwa tidak semua media tersebut efecktif untuk
meningkatkan penjualan. Karena pasti kembali lagi kepada target kita nanti,
jika namun target produk kita adalah anak muda, maka gunakan internet sebagai
media promosi saat ini, sebaliknya jika namun target produk kita adalah orang tua tidak terlalu
paham tentang internet maka gunakan sebuah media promosi media tv atau radio.
Tabel
2 Media promosi
MEDIA
PROMOSI
|
Movie
|
Radio
|
|
Televisi
|
|
Internet
|
|
Print
|
|
Press
|
|
Outdor
|
|
Mobile
|
2.5.4
Menggunakan
Strategi Promosi Kreatif
Pasti
sangat susah bisa menjadi pengusaha yang sukses jika kalian tidak mengerti
bagaimana cara menjalankan sebuah strategi berbisnis yang baik dan benar. berikut
ini adalah sebuah gambaran tentang sebuah strategi promosi kreatif untuk
mendapatkan banyak pelanggannya :
·
Dapatkan kepercayaan pelanggan
·
Berikut harga awal murah
·
Diskon untuk pembelian lebih dari satu.
·
Sarankan produk lain.
·
Jangan lupakan layanan setelah promosi.
Intinya
di awal penjualan kita harus membina hubungan yang baik dengan pelanggan untuk
mendapatkan loyalitas dari pelanggan.
2.5.5
Membuat
Pembukuan Untuk Menghitung Margin
mungkin
lebih baik jika pengusaha memiliki dalam pembukuan yang sangat jelas , karena
dalam pembukuan tersebut nantinya akan bisa mengetahui menghitung keuntungan
dan berapa kerugian yang di peroleh, sehingga kita bisa mengetahui berapa
keuntungan yang kita dapat dan berapa rugi yang di diperoleh. Intinya dalam
pembukuan itu sangat penting dan membantu pengusaha untuk menjadi pengusaha
sukses. Pembukuan juga akan sangat membantu pengusaha dalam merencanakan bisnis
usaha ke depannya.
2.6
METODE RISET BISNIS
Metode
riset adalah metode yang berbentuk sistematis dan yang berguna untuk meneliti
sebuah berbagai aspek yang terkait dengan hubungan bisnis. Metode ini biasanya
sering digunakan untuk ide penyelesaiannya mungkin hampir sama dengan metode
riset ilmiah lainnya. Dalam metode tersebut, penjelasan dan langkah
penyelesaian masalahnya harus logis dan sistematis. Dalam artinya logis disini
artinya kesimpulan yang ada harus didasarkan dari fakta yang ada di lapangan
surfei, bukan hanya ucapan semata. Sistematis disini artinya cara dalam kerja
penelitiannya harus terstruktur sesuai dengan metode riset ilmiah (Soegoto,
Metode Riset Bisnis, 2000) .
2.7
TINJAUAN UMUM KULINER
Kuliner
merupakan sebuah hobi campuran yang biasa disebut dengan wisata kuliner yang
tujuannya untuk makan dan berjalan-jalan (albert, 2014) . Namun biasanya kata
kuliner memacu kepada makanannya dibandingkan dengan jalan-jalannya. Kata kuliner
berasal dari bahasa inggris, yaitu culinary yang berarti “urusan masak memasak” (gustaaf
kusno, 2009) .
Kata kuliner tersebut menjadi luas di indonesia karena adanya media masa dan
televisi. Berdasarkan pengetian tersebut. Bagi anda yang memiliki hobi
jalan-jalan dan makan sangat cocok untuk melkukan kegiatan kuliner ini. Karena
mencari hal yang bari sama seperti belajar, dan kuliner juga memiliki arti
sebagai mencari hal yang baru dalam bidan makanan.
2.7.1
Definisi
Kuliner
Kuliner
adalah mungkin sudah bagian dalam hidup kita karena kaitannya dengan makanan
dalam kehidupan sehari-hari karena setiap manusia pasti sangat memerlukan makanan
yang dibutuhkan dalam sehari-hari (Listiani, 2015) . Mulai dari makanan yang sederhana
sekali hingga makanan yang mewah. Semua itu pasti membutuhkan pengolahan yang
sangat berkualitas dan juga bergizi di dalam makannya tersebut. Sebenarnya
kuliner merupakan bagian daripada esensi gastronomi. dan istilah dari kata
kuliner itu sendiri adalah sebuah masakan atau disebut bahasa dapurnya
mempunyai sebuah sinonim artinya sama dengan cuisine.
BAB III
PEMBAHASAN DAN HASIL
3.1
SEJARAH KULINER
Masakan
indonesia adalah sebuah cerminan dari beragam budaya dan juga tradisi yang
berasal pulau –pulau indonesia dan memegang tempat penting di dalam budaya
nasional indonesia secara umum mungkin hampir seluruh masakan yang berasal dari
indonesia kaya dengan bumbu dari rempah-rempahnya dan juga penggunaan teknik
memasaknya menurut bahan dan tradisi adat setempat (OPTIMA, 2015) .
Di
masa yang akan datang, persaingan suatu negara diharapkan akan dipengaruhi oleh
kekuatan dari ekonomi kreatifnya. Untuk menjadi kompetitif dalam tempat
pekerjaan manusia, mahasiswa-mahasiswa sekarang tidak hanya mencari pendidikan
akademik, tetapi juga mencari pengetahuan dan keterampilan siap untuk kerja
yang dicari oleh banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia dan perusahaan
international (Dedi Sulistiyo S, 2014) .
3.2
PERKEMBANGAN MAKANAN DI
INDONESIA
Perkembangan di
dalam bidang makanan dimulai pada sejak zaman dahulu sampai terjadinya revolusi
sebuah makanan berdasarkan sejarah eropa sampai abad ke 20, pada saat ini pada
zaman prasejarah atau dahulu kala manusia memakan makanan yang hanya untuk memenuhi
rasa lapar secara biasa saja. Oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhannya
manusia purba pada zaman dahulu memperoleh makanan dengan cara berburu
mengumpulkan makanan memakan
daun-daunan
umbi-umbian dan mencoba berbagai macam bahan makanan yang dapat dikonsumsi tapi
tidak ada racunnya. Pada zaman paleolitik alat yang terbuat padaa saat itu
adalah batu yang masih kasar sekali dan juga masih blum ada alat untuk
menghaluskannya, alat pada saat itu terbuat dari kayu, tulang dan tanduk.
Menggunakan alat tersebut dengan di pukul dan alatnya disebut retource. Alat
pada zaman ini berbeda dengan alat pada zaman mesolithik dan zaman neolithik
karena pada zaman ini alatnya sudah mulai diasah. Manusia hidup dalam sebuah
kelompok dan membekali dirinya untuk menghadapi lingkungan sekitarnya. Kelompok
berburu saat itu tersusun dari keluarga kecil pada saat itu seorang laki-laki
melakukan sebuah perburuan dan yang perempuan hanya mengumpulkan makanan. Semua
bahan makanan yang diperoleh dari pemburuan hanya dikonsumsi secara mentah
tidak matang terjadi seperti karena belum ditemukannya yang bernama api.
Makanan tradisional indonesia saat ini banyak sekali dikembangkan mulai dari
teknik penyajian makanan yang akan dibuat menarik sehingga konsumen ingin
menyobanya dan membeli makanan tersebut. Agar makanan indonesia bisa bersaing
dengan makanan eropa dan negara lainnya yang sangat banyak digemari oleh para
peminat kuliner. Makanan indonesia pada
itu menggunakan teknik-teknik yang sering di sebut fusion yaitu
menyajikan sebuah makanan dengan menata sebuah makanan yang sangat menarik dan
menyampurkan unsur seni di sebuah makannyanya agar makan yang di buat untuk konsumen
menjadi terlihat menarik dan enak di makan.
3.3
KULINER INDONESIA
Kuliner
diindonesia itu sangat beragam sekali dalam usaha di indonesia makanan yang
sering digunakan oleh pengusaha kuliner adalah sebagai berikut.
A. GADO-GADO
Makanan
kuliner ini adalah makanan campuran antara potongan kentang, selada, wortel,
bayam, toge dan jagung. Saat saat orang asing berkunjung ke indonesia biasanya mereka menyebut dengan gado-gado ini
sebagai selada jawa atau javanese salad. Salad jawa yang satu ini untuk tingkat
kepedasan nya bisa kalian sesuaikan dengan selera yang anda inginkan. Untuk menambah
variasi biasanya makanan ini ditambahkan tahu ,tempe dan kalontong. Ada
berbagai macam lainnya untuk makanan gado-gado ini. Ada yang diber bumbu
mayonese dan juga bumbu campuran kacang ditambah lagi dengan sebuah kerupuk
sebagai toping tambahannya. Yang membuat lezat makanan ini adalah sensasi kriuk
dari krupuknya yang bercampur dengan bumbu gado-gado ini.
B. GUDEG
Makanan
gudeg adalah makanan yang berasal dari jogja. Makanan ini berbahan dasar nangka
muda yang kemudia dimasak dengan
manisnya gula merah dan santan rasa dari makanan ini adalah legit dan manis.
Makanan ini recomendasi untuk pengusaha kuliner yang berbabu manis dan legit.
C.
FRANCHISE
BASO
Makanan bakso ini
adalah makanan yang sering dijumpai diindonesia karena bakso ini sudah banyak
sekali digunakan oleh para pengusaha kuliner indonesia karena rasa dan tekstur
yang sangat lezat bagi pencinta kuliner.
D.
ANEKA
KUE BASAH
Kue basah meupakan
salah satu jenis makanan ringan atau kecil yang sering dijadikan cemilan oleh
masyarakat indonesia. Dalam sebuah acara biasanya sering ditemukan makanan
seperti aneka kue basah ini. Karena kue basah ini adalah hidangan yang tidak
pernah ketinggalan saat ada sebuah acara, oleh keran itu usaha ini juga sangat
bagus untuk para pemuda yang ingin memulai usaha kuliner.
E.
CUP
CAKE
Cupe cake adalah kue
mangkok yang isinya berasa menis dan tektur sangat lembut. Usaha cup cake ini
juga sangat bagus karena cupe cake itu sedang populer di indonesia ini. Karena
cup cake ini pasti ada di setiap acara ulang tahun , syukuran, dan bahkan
wisudaan.
F.
PANCAKE
DURIAN
Sudah tidak asing lagi dengan kata
puncake durian makanan ini sangat lezat dari dulu hingga sekarang dan
konsumennya tak pernah mati karena kelezatan dari rasa buah duriannya ini dan
tak heran bauh durian ini sangat banya sekali diminati oleh para pengusaha kuliner
indonesia.
3.4
HASIL DARI SURFEI
Hasil dari surfei dalam
semua media bahwa kuliner adalah bisnis yang sangat banyak diminati oleh semua
kalangan pembisnis kerena usaha dalam kuliner tidak akan pernah mati artinya
kuliner selalu menjadi kebutuhan semua orang. Oleh karena itu bisnis kuliner
ini sangat menguntungkan bagi para pengusaha yang ingin membangun sebuah usaha
di masa muda. Dan tak luput juga bahwa kuliner ini pasti akan ada selalu menu
trend setiap tahunnya bahkan tiap bulannya sehingga kalangan anak muda akan
selalu mencari makanan kuliner yang selalu trending di kalangan kuliner
indonesia. Hasil surfei dalam media yang digunakan oleh para pembisnis kuliner
kebanyakannya adalah menggunakan internet atau kita sebut dengan media sosial.
Disini kita bisa promosikan kuliner yang sedang trending di indonesia dengan
cara mengupload sebuah foto di media sosial tersebut sehingga para pengguna
media sosial bisa mengetahui apa saja kuliner yang sedang trending saat ini.
Ini
adalah contoh surfei trending kuliner dengan media sosial.
Bagan 2 Surfei Media Sosial Kuliner
Dalam
bagan 2 diatas bahwa media sosial untuk mencari kata kuliner sangat tinggi
hingga 75%. Sehingga promosi menggunakan media sosial saat ini sangat
menguntungkan bisnis ini.
|
Ini
adalah bentuk surfei pencarian kata kuliner di google sehingga kita bisa
memastikan bahwa usaha kuliner sangat menjanjikan oleh para pengusaha muda
untuk memulai sebuah kuliner di indonesia.
BAB IV
PENUTUP
4.1 KESIMPULAN
Jika ingin
sukses di masa muda kalian harus berfikir maju dan ada kemauan dalam bekerja
untuk sukes. Dan indonesia ini surganya kuliner bahkan pengusaha banyak sekali
di bidang kuliner karena kuliner ini bisa merubah karir hidup seseorang. Dan
terbukti bahwa kuliner bisa juga memperkerjakan orang lain sehingga presentasi
pengangguran indonesia semakin mengurang. Lapangan pekerjaan sudah ada di
mana-mana kata lain bentuk dengan wirausaha tapi hanya kita yang bisa
menentukan dan menjalankannya karena masa mudah harus sukses dengan bekerja
usaha bahwa dunia kuliner di indonesia sangat menjanjikan dan bisa meraup
kesuksesan di masa muda kalian.
4.2 SARAN
Berwirausahalah
sejak muda kerana usaha adalah pekerjaan sampingan yang sangat efektif
mengurangi pengguran indonesia. Dan gunakanlan keuntungan ini dengan sebaik
mungkin bahwa dalam bisnis kuliner tidak akan mati karena makanan adalah suatu
kebutuhan setiap manusia.
DAFTAR PUSTAKA
albert, f. (2014,
mei 9). mengenal pengertian kuliner. Dipetik juni 15, 2017, dari
anneahira: http://www.anneahira.com
Arifin, Z. (2016,
juni 2). cara menjadi pengusaha sukses. Dipetik juni 15, 2017, dari
grahalogam: http://www.grahalogam.co.id
Buchori, A.
(2001). kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
Dedi Sulistiyo S,
D. A. (2014). Kewirausahaan Industri Kreatif. jakarta: Kartib B.
gustaaf kusno.
(2009, desember 4). kuliner. Dipetik juni 3, 2017, dari Kuliner
wisatawan: http://www.kompasiana.com
Listiani, A.
(2015, mei 7). Kuliner tradisional. Dipetik juni 15, 2017, dari prezi:
https://prezi.com
Novianto, D.
(2015, februari 1). cara menjadi pengusaha sukses. Dipetik juni 15,
2017, dari soetarpadu: http://www.seoterpadu.com
Nurcahyani, R.
(2012, maret 3). ciri-ciri kewirausahaan. Dipetik juni 4, 2017, dari
riza nur cahyaningtyas: http://rizanurcahyaningtyas.blogspot.co.id
OPTIMA, A. K.
(2015, desember 6). makanan indonesia adalah simbol keanekaragaman budaya.
Dipetik juni 4, 2017, dari pembangunan menerangi dan mencerdaskan:
https://cvaristonkupang.com
Soegoto, D. I.
(2000). Metode Riset Bisnis. jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Soegoto, D. I.
(2015). menjadi pembisinis lulung. jakarta: PT Elex Media Komputindo.
"Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
BalasHapusminimal depo dan wd cuma 20 ribu
dengan 1 userid sudah bisa bermain 9 games
ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com
Wa :+855964967353
Line : arena_01
WeChat : arenadomino
Yahoo! : arenadomino"
Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther
BalasHapusSaya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)
Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com
Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.